Pada bulan Oktober dan November, Totolab diundang oleh Dinas Perkebunan Jawa Barat untuk ikut memberikan pelatihan literasi digital pada para Wirausahawan Baru bidang perkebunan. Program ini adalah program dari Dinas Perkebunan Jawa Barat untuk meningkatkan geliat usaha bidang perkebunan khususnya kopi dan teh di Jawa Barat.
Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun oleh Dinas Perkebunan. Namun karena adanya pandemi, kegiatan ini mundur hingga akhir tahun. Tema yang diangkat tahun ini adalah digitalisasi pemasaran usaha perkebunan.
Totolab hadir untuk membantu kawan-kawan wirausahawan baru untuk proses digitalisasi tersebut. Kegiatan ini berlangsung sebanyak empat pertemuan di Tona’s Coffe Maribaya, Cibodas, Lembang. Owner Tona’s Coffe, pak Kurnia juga merupakan salah satu alumni program wirausaha baru yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan beberapa tahun sebelumnya.
Pada pelatihan tersebut, materi yang diberikan oleh Totolab adalah seputar literasi digital secara umum. Pembuatan website sederhana, serta alur digital marketing yang bisa diterapkan oleh para pengusaha baru.
Umumnya, para pengusaha baru ini adalah mereka yang bergerak juga di hulu, alias budidaya. Sehingga digitalisasi ini menjadi sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan penjualan produk mereka dan memperluas pasar yang sudah mereka miliki.
Totolab menekankan bahwa digitalisasi ini tidak wajib diterapkan, namun pada masa sekarang ini ada baiknya kita memahaminya dengan sebaik mungkin.
Beberapa peserta juga mengakui tentang pentingnya pengetahuan tentang digitalisasi pemasaran produk perkebunan. Minimalnya, orang-orang bisa dengan mudah menemukan produk mereka di internet walau pun belum melihat langsung kebun dan usaha mereka.
Totolab berharap program ini bisa berlangsung terus untuk meningkatkan usaha perkebunan secara umum dan menyebarkan melek literasi digital untuk pelaku usaha pada umumnya.
Pingback: Pelatihan Microsoft Office Totolab – TotoLab